Mengapa orang Skandinavia bahagia?

illustrasi


mrioaldino.com - Nah bagi yang belum tau, Skandinavia (negara nordik) adalah sebutan bagi negara-negara yang bernaung di kawasan Semenanjung Eropa bagian utara. Setidaknya ada 5 negara Skandinavia yakni Swedia, FInlandia, Norwegia, Denmark, dan Islandia.


Satu fakta menarik dari negara Skandinavia ini ialah tentu penobatan mereka sebagai negara-negara paling bahagia di dunia, bahkan dari report World Happiness 2022 menempatan dua negara skandinavia yakni Denmark & Finlandia sebagai negara paling bahagia di dunia.


Jadi, apasih alasan mengapa orang-orang di negara Skandinavia ini happuy dan chill terus?


1. Mereka menghargai keseimbangan dalam hidup


Orang-orang Skandinavia sangat menghargai quality time dengan keluarga dan teman-teman, mereka tak gila kerja dan tidak menjadikan uang sebagai prioritas yang harus selalu dikejar. Tak hanya itu, mereka juga memiliki waktu kerja yang lebih sedikit. Misalnya, di Denmark, orang bekerja 37 jam seminggu dimana umumya orang-orang di negara lain sering bekerja lebih dari 40 jam per minggu.  Di Finlandia, karyawan juga memiliki hak untuk menggeser hari kerja mereka 3 jam lebih awal atau lebih lambat. Fleksibilitas ini memungkinkan mereka menjadwalkan hari mereka untuk kenyamanan mereka. Di Norwegia, karyawan yang sakit juga mendapatkan cuti berbayar hingga 3 minggu.


2. Mereka suka bermain di alam


Menghabiskan waktu di luar ruangan dapat memiliki efek positif pada kesehatan fisik dan mental Anda. Dan orang Skandinavia tahu bagaimana memanfaatkan alam secara maksimal. Meskipun cuaca dingin, mereka tahu bagaimana menikmatinya. Mereka bahkan memiliki pepatah, "Tidak ada yang namanya cuaca buruk, hanya pakaian yang buruk." Bahkan perusahaan mendorong karyawannya untuk berolahraga dan menghabiskan waktu di luar ruangan.


3. Ibu dan Ayah baru sangat didukung pemerintah


Di Islandia, wanita yang baru melahirkan diberikan cuti berbayar selama 9 bulan, dan pria yang baru saja menjadi ayah diberikan 3 bulan. Di Swedia, orang tua baru diberikan cuti berbayar hingga 480 hari sambil menerima 80% dari gaji mereka. Ibu hamil dan baru juga diperbolehkan untuk mengurangi jam kerja normal mereka hingga 25% sampai anak mereka berusia 8 tahun dan menerima tunjangan anak bulanan sampai anak berusia 16 tahun.


4. Tidak Pusing dengan Uang


Di banyak negara, orang menghabiskan banyak uang untuk tagihan medis atau hanya untuk membayar sekolah dan universitas. Itu tidak terjadi di negara-negara Nordik. Kesehatan dan pendidikan gratis di negara-negara tersebut. Selain itu, para pengangguran juga diberikan bantuan. Mereka memiliki asuransi pengangguran dan tunjangan anak, dan mereka ditawari tempat di program pengalaman kerja.

0 comments:

Posting Komentar