Makoko, Kota Terapung Paling Jorok di Dunia!



mrioaldino.com - Guys kalian harus tau ini, di Nigeria ada sebuah pemukiman terapung yang dikenal sebagai kampung apung terjorok di dunia. Yuk kita bahas!


Namanya Kota Makoko, nah Makoko sendiri terletak di tengah-tengah ibukota Lagos, Nigeria, pemukiman ini berdiri di tepi pantai Laut Samudra Atlantik. Selain kumuh, Makoko juga merupakan kota terapung dan ditempati oleh sekitar 250.000 jiwa.


Mulanya, Makoko ini merupakan sebuah desa kecil yang dibangun oleh para nelayan sekitar 100 tahun yang lalu. Kemudian, seiring berjalannya waktu desa ini menjelma menjadi sebuah kota permukiman yang ramai. Saat ini, penduduk Makoko banyak didominasi oleh para imigran dari Afrika Barat yang tengah bekerja di Nigeria.


Rumah-rumah di Makoko ini terbuat dari kayu dan berdiri di atas permukaan pantai, tentunya rumah2 ini disanggah dengan kayu tebal yang ditanam ke dalam permukaan tanah di bawah air laut. Nah, umumnya setiap rumahnya dihuni oleh sekitar 6 hingga 10 orang.


Makoko
Source

Jalur utama di Makoko adalah melalui kanal-kanal yang dibangun yang mengelilingi tiap rumah, dengan alat transportasi utama menggunakan perahu kayu dan kano. Selain sebagai alat transportasi, perahu juga dapat digunakan sebagai pasar bagi para pedagang untuk menjajakan barang dagangannya.


Kalo di Indonesia hampir mirip-mirip pasar terapung di Kalimantan ya, cuman ini versi caur nya.


Dalam beberapa dekade, penduduk di Makoko tidak memiliki infrastruktur dasar, termasuk akses untuk memperoleh air bersih, listrik, bahkan pembuangan sampah pun tidak tersedia di tempat ini. Akibatnya, permukaan air pun berminyak dan berwarna hitam hingga mengeluarkan bau menyengat, dan sampah yang berserakan di sekitar permukiman juga membuat penduduk Makoko rentan terhadap bahaya lingkungan.


Parahnya, tiap rumah di Makoko tidak terdapat kamar mandi, penduduk mengandalkan toilet umum yang digunakan sekitar 15 rumah tangga dengan akibat pencemaran lingkungan yang membuatnya semakin buruk.


Bahkan, Pemerintah Nigeria sama sekali tidak menyediakan air bersih yang aman untuk diminum, satu-satunya sumber air minum adalah membelinya dari pedagang yang mendapatkan akses air bersih dari tempat lain.


Tapi denger-denger nih, pemerintah Nigeria dari beberapa tahun lalu telah berencana untuk melakukan renovasi dan pembenahan di kawasan ini, tapi kenyataannya rencana tersebut masih belum terdengar realisasinya, Ya semoga masyarakatnya bias segera memperoleh kehidupan yang layak dan bersih ya.

0 comments:

Posting Komentar