4 Alasan Kenapa Singapura Bisa Jadi negara Maju!

Singapore
Thumbnail


mrioaldino.com - Siapa menyangka Singapura yang dulunya merupakan wilayah kumuh dan miskin, tiba-tiba menjadi makmur dan maju seperti sekarang ini. Funfact nya luas Singapura ini hanya berkisar 728 km2 atau sedikit lebih besar dari kota Jakarta yang luasnya 661 km2.


Lantas faktor apa yang membuat Singapura menjadi negara maju? Yuk kita Bahasa


1. Lokasi Negara Strategis di Semenanjung Malaka


Singapura beruntung karena berdiri dikawasan strategis perdagangan internasional, negara ini berada ditengah2 negara2 asean lainya tepatnya di smeenanjung selat malaka. Maka tak heran bila Singapura menjadi pusat perdagangan & logistik via kapal kontainer.


2. Kondisi Politik Negara Stabil


Singapura dikenal menganut system politik satu partai, People's Action Party adalah partai politik utama di Singapura. Partai ini didirikan oleh lee kuan yew (perdana mentri pertama singapura) pada 1954 sebagai partai pro-kemerdekaan.


Sistem politik satu partai yang stabil ini telah memberikan landasan yang subur bagi pertumbuhan ekonomi negara, sehingga Singapura mampu berkembang dan mengungguli banyak negara2 asean lainnya.


3. Sektor Publik Efisien & Kompeten


Banyak pemuda Singapura yang cerdas pergi ke luar negeri untuk belajar dengan beasiswa pemerintah. Sebagai imbalannya, mereka diwajibkan untuk kembali ke Singapura dan bekerja di sektor publik selama beberapa tahun. Kalo di Indonesia mirip2 seperti beasiswa LPDP lah ya.


Selain itu, Singapura memiliki kebijakan upah tinggi yang sudah lama berlaku untuk pegawai negeri. Pemerintah meninjau dan menyesuaikan gaji secara rutin untuk memastikan mereka tetap kompetitif. 


Kebijakan ini didasarkan pada keyakinan bahwa seorang pegawai negeri sipil yang digaji sangat kecil kemungkinannya untuk melakukan praktik korupsi. Namun, ketika korupsi benar-benar terjadi di sektor publik, pemerintah dengan kejam menghukum pelakunya.


4. Lingkungan Bisnis Ramah Investor


Singapura terkenal dengan tarif pajak yang rendah. Pendapatan dan tarif pajak perusahaan di negara ini termasuk yang terendah di dunia. Bahkan keuntungan modal, dividen, warisan dan hadiah tidak dikenakan pajak sama sekali.  Pantesan banyak korupor indo yang nyimpen duit disini ya. Karena kebijakan ini membuat negara singa ini sangat ramah untuk investor luar negeri, karenanya pembangunan & perkembangan ekonomi singapura maju begitu pesat.


Ya gua tambahin terakhir, berdasarkan opini gua ya karena negaranya kecil makanya cukup enak buat ngaturnya. Lah Indonesia udah luas, misah-misah lagi pulaunya. So, jangan samakan prosesnya ya, tetap cinta dan bangga jadi Indonesia.

0 comments:

Posting Komentar